Outbound bandung kota bandung jawa barat

Paket Tamasya Arung Jeram ( Rafting ) Pangalengan Bandung Jawa Barat
Paket Wisata Arung Jeram Pangalengan bandung Jawa Barat dari New Sure Adventure yaitu salah satu paket wisata unggulan yang dimiliki New Sure Adventure miliki, Mengingat kian marak nya para pecinta dan penikmat kesibukan olah raga yang memicu andrenalin ini dari beragam jenis kalangan masyarakat khusus nya para pecinta alam membuat kami terdorong untuk menyediakan jasa pelayanan tamasya Arung Jeram untuk lebih aman dan nyaman dengan persiapan dan kelengkapan demi menjaga keselamatan selama kesibukan Liburan Arung Jeram ini berlangsung.

Kelengkapan dan Kelengkapan Standar Arung Jeram New Sure Adventure.

Kelengkapan dan perlengkapan yang diterapkan dalam arung jeram dibedakan menurut kebutuhan kategori atau regu dan lamanya durasi selama menjalankan aktivitas Arung Jram ini.

PERALATAN REGU
PERAHU KARET
arung jeram pangalengan bandung jawa barat

Perahu karet (Inflatable Raft) untuk kebutuhan olah raga arung jeram, dijadikan dari bahan karet sintetis sedemikian rupa, sehingga kuat tetapi konsisten elastis. Melainkan ini dialamatkan untuk menahan dari goresan dan benturan batu-batu yang berada di sepanjang aliran sungai. Wujud dan rancangan bagian buritan dan haluan dihasilkan agak mencuat supaya air tak gampang masuk dan kapabel menjaga kestabilan perahu ketika melewati ombak besar. Biasanya perahu terdiri dari beberapa bagian tabung udara, hal ini dimaksudkan sekiranya salah satu tabung perahu bocor/pecah, karenanya untuk suatu saat tertentu perahu masih dapat tetap mengapung. Ukuran panjang dan lebar perahu karet biasanya 2 berbanding 1, dan ini sungguh-sungguh tergantung pada kapasitas berat maksimum bobot perahu hal yang demikian. Selain itu juga perahu menyesuaikan dengan luas penampang sungai yang akan digunakan pengarungan, beserta karakter arus sungainya.

DAYUNG
new-sure-adventure1

Dayung sebagai alat kayuh pada olah raga arung jeram sedapat mungkin dijadikan dari bahan yang kuat namun ringan; misalnya kayu mahogany dan kombinasi antar fiberglass dan almunium. Dayung yang dipergunakan oleh awak perahu, panjanganya berkisar antara 4,5 – 6 kaki. Melainkan lazimnya adalah 5-5,5 kaki. Sesungguhnya unsur penentu ukuran panjang dayung ada tiga hal, merupakan: besar badan dan kekuatan awak, diameter tabung perahu, dan fungsinya sebagai pendayung awak atau pendayung kemudi atau kapten. Tanpa memandang besar tubuh awak perahu dan ukuran perahu, dayung yang diterapkan oleh kapten yakni 5,5 – 6 kaki, walaupun untuk awak perahu ukurannya lebih pendek. Selain standard ukuran dayung, teknik mendayung juga mempengaruhi dalam pembatasan perahu.

POMPA DAN PERALATAN REPARASI
arung jeram pangalengan bandung jawa baratPompa yang digunakan untuk mengisi tabung-tabung udara perahu patut selalu dibawa pada dikala pengarungan sungai. Sebab hal itu untuk menjaga jikalau udara dalam tabung-tabung perahu berkurang / kempes, karenanya bisa seketika di atasi dengan segera. Ditujukan juga dengan membawa perlengkapan reparasi berhubungan dengan reparasi perahu bilamana dalam pengarungan perahu mengalami kebocoran, robek dampak terkena batu-batu yang ada disungai atau disebabkan oleh terlepasnya lem pengaruh usia pemakaian perahu atau hal yang lain.

TALIarung jeram pangalengan bandung jawa barat
Perahu karet dilengkapi tali tipe karmantle sepanjang 40 meter yang diaplikasikan sebagai: tumpuan kaki, pengaman awak perahu dan berfungsi juga sebagai tali jangkar.

PETA SUNGAI
Umumnya peta yang digunakan adalah peta topografi sungai. Peta topografi sungai ini berguna sebagai pertanda memperkirakan situasi medan dan situasi sungai yang akan diarungi. juga tempat aliran sekitar sungai hal yang demikian.

EMBER PLASTIK ATAU GAYUNG
Digunakan untuk menimba air yang masuk ke dalam komponen dalam perahu, lazimnya pemakaian ember/ gayung ini dipakai jika air yang masuk masih relatif sedikit. Jika sudah terlalu banyak, untuk membuangnya lebih efisien dengan membalikkan perahu, yang tentunya terutama dahulu perahu tersebut dibawa ke tepi. Pentingnya buang air yang masuk ke dalam perahu ini adalah supaya perahu mudah dikontrol.

PERLENGKAPAN PPPK.
Perlengkpan pertolongan pertama yang biasa disebut dengan P3K, totaliter mesti senantiasa dibawa. Macam dan jumlah obatnya bisa disesuaikan dengan kondisi medan dan kebutuhan selam mengarungi sungai.

PELAMPUNG
arung jeram pangalengan bandung jawa baratJenis pelampung yang baik dan benar untuk arung jeram adalah pelampung yang sesuai dengan ukuran perawakan tubuh, berisi gabus teba (bisa berfungsi sebagai penahan benturan kepada benda keras). Kelayakan dapat diamati dari kualifikasi teruji dalam hal daya apung untuk berat maksimalnya. Untuk kemungkinan menghadapi keadaan darurat, perlu dipertimbangkan mengenai penerapan pelampung dengan tambahan di bagian belakang kepala, supaya kepala tetap terapung telentang bila saat tidak sadarkan diri/. Untuk menjaga agar pelampung bisa diikat ke pangkal paha atau bagian badan lainnya yang memungkinkan.

SEPATU
Untuk melindungi kaki dari kemungkinan terluka, gunakan variasi sepatu yang dapat melindungi mata kakim namun pergelangan kaki konsisten dapat bergerak bebas, termasuk memudahkan untuk berenang.

HELM (PELINDUNG KEPALA)
arung jeram pangalengan bandung jawa baratMengurungi sungai berjeram dengan letak bebatuan yang tidak beraturan atau sungai dengan derajat kesusahan yang tinggi, helm absolut dipakai. Tujuannya untuk melindungi kepala dari kemungkinan benturan keras terhadap benda lain. Helm yang bagus mempunyai sifat ringan, bendung air dan tidak mengganggu pandangan maupun gerakan.

SURVIVAL KIT
Peralatan survival, wajib selalu melekat di badan, tapi usahakan jangan hingga menganggu gerakan kit. Biasanya terdiri dari pisau lipat, korek api bendung air, dan lainnya. Sebagaiman disebut di atas, lamanya waktu pengarungan sungai juga memberi pengaruh barang-barang dan kelengkapan yang harud dibawa. Jadi perlengkapan tambahan juga dibutuhkan. Beberapa kelengkapan tambahan tersebut ialah: Handy talky untuk komunikasi dengan regu darat. Container kedap air, bahan makanan kelengkapan kemah, peraltan masak, makanm minum.

SUNGAI
Bahasan akan berkisar pada aliran sungai serta gejalanya dan beraneka keterampilan yang dibutuhkan untuk pengarung jeram. Memerlukan latihan yang kerap kali dan berulang-ulang untuk menjadi jago membaca dan paham seluk beluk mengenai karakter sungai yang akan kita taklukan. Bagaimanapun juga bagi pengarung jeram suatu pengertian mengenai sifat dan dinamika sungai sangatlah penting untuk diketahui. Suatu saat saat kita melintasi suatu sungai, pertanyaan yang ada di benak kita ialah: sungai itu lebar/sempit, berarus deras/lambat, debit airnya besar/kecil, landai/terjal, dan sebagainya. Jawaban kesemuanya merupakan adalah unsur penyebab terjadinya jeram.

DEFINISI JERAM/RIAM
Jeram ialah komponen sungai dimana air mengalir dengan deras dan cepat dan bertaburan diantara banyak batu dari bergagai ukuran dan sekalian menyusun turbulensi dan arus balik. Tapi yang paling sulit saat kita mengarungi sungai adalah pada saat menjumpai jeram / riam. Menunjukkan disitulah kegembiraan biasanya timbul.

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA JERAM
Kondisi umum ada 4 elemen penyebabnya:

VOLUME AIR
Biasanya ukuran jumlah air yang melalui satu titik tertentu disungai dalam satuan waktu tertentu. Ukurannya cfs (cubiq feets per second). Data mengenai volume air penting untuk diketahui, bilamana volume air tinggi atau rendah, sehingga bisa menetapkan apakah sungai bisa diarungi atau tidak. terbaik mengarungi sungai dikala vlume air menempuh 800-10.000 cfs.

Biasanya ukuran volume air bisa dianggap sebagai tinggi air dan daya aliran sungai. Di negara kita, keadaan ini dapat terjadi pada bulan April sampai dengan Nopember. Diluar bulan hal yang demikian sifat sungai akan pesat berubah secara drastis. Sungai dengan volume 8.000. – 10.000 cfs cenderung gampang dilalui, sebab kendali lewat jeram dan rintangan relatif lebih gampang diatur.

Sebaliknya sungai besar degnan volume diatas 40.000 cfs lazimnya susah di lalui dan dihindari, sekali terjebak dalam lengkungan ombak dan menabrak rintangan batu, cenderung berdampak menghancurkan. Untuk mengenal jumlah volume / debit air suatu sungai pada suatu daerah dapat dinilai dengan; mengenal luas penampang sungai. Tapi ini dapat dilaksanakan dengan menilai lebar sungai pada satu titik, kemudian mengevaluasi kedalaman sungai tiap-tiap 5 meter dari satu spot ke spot lainnya pada satu garis lebar sungai.

Hubungi kami lantas untuk medapatkan paket tamasya menyenangkan untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *