Lembang jungle discovery bandung

Paket Wisata Arung Jeram ( Rafting ) Pangalengan Bandung Jawa Barat
Paket Tamasya Arung Jeram Pangalengan bandung Jawa Barat dari New Sure Adventure merupakan salah satu paket wisata favorit yang dimiliki New Sure Adventure miliki, Mengingat kian marak nya para pecinta dan penikmat aktivitas olah raga yang memicu andrenalin ini dari bermacam-macam macam kalangan masyarakat khusus nya para pecinta alam membikin kami terdorong untuk menyediakan jasa pelayanan wisata Arung Jeram untuk lebih aman dan nyaman dengan persiapan dan perlengkapan demi menjaga keselamatan selama kesibukan Tamasya Arung Jeram ini berlangsung.

Kelengkapan dan Perlengkapan Standar Arung Jeram New Sure Adventure.

Peralatan dan perlengkapan yang dipakai dalam arung jeram dibedakan berdasarkan kebutuhan golongan atau tim dan lamanya durasi selama melaksanakan kegiatan Arung Jram ini.

PERALATAN REGU
PERAHU KARET
arung jeram pangalengan bandung jawa barat

Perahu karet (Inflatable Raft) untuk kebutuhan olah raga arung jeram, dihasilkan dari bahan karet sintetis sedemikian rupa, sehingga kuat melainkan tetap elastis. Namun ini ditujukan untuk membendung dari goresan dan benturan batu-batu yang berada di sepanjang aliran sungai. Wujud dan rancangan komponen buritan dan haluan dijadikan agak mencuat supaya air tak gampang masuk dan mampu menjaga kestabilan perahu saat melewati ombak besar. Umumnya perahu terdiri dari beberapa komponen tabung udara, hal ini ditujukan sekiranya salah satu tabung perahu bocor/pecah, maka untuk suatu dikala tertentu perahu masih bisa tetap mengapung. Ukuran panjang dan lebar perahu karet umumnya 2 berbanding 1, dan ini amat tergantung pada kapasitas berat maksimum beban perahu hal yang demikian. Selain itu juga perahu menyesuaikan dengan luas penampang sungai yang akan diaplikasikan pengarungan, beserta karakter arus sungainya.

DAYUNG
new-sure-adventure1

Dayung sebagai alat kayuh pada olah raga arung jeram sedapat mungkin dijadikan dari bahan yang kuat tapi ringan; seumpama kayu mahogany dan kombinasi antar fiberglass dan aluminium. Dayung yang dipergunakan oleh awak perahu, panjanganya berkisar antara 4,5 – 6 kaki. Tetapi umumnya yakni 5-5,5 kaki. Sebetulnya elemen penentu ukuran panjang dayung ada tiga hal, adalah: besar badan dan daya awak, diameter tabung perahu, dan fungsinya sebagai pendayung awak atau pendayung kemudi atau kapten. Tanpa memandang besar tubuh awak perahu dan ukuran perahu, dayung yang diaplikasikan oleh kapten merupakan 5,5 – 6 kaki, padahal untuk awak perahu ukurannya lebih pendek. Kecuali standard ukuran dayung, teknik mendayung juga mempengaruhi dalam pengendalian perahu.

POMPA DAN PERALATAN REPARASI
arung jeram pangalengan bandung jawa baratPompa yang diaplikasikan untuk mengisi tabung-tabung udara perahu harus senantiasa dibawa pada saat pengarungan sungai. Karena hal itu untuk menjaga bila udara dalam tabung-tabung perahu berkurang / kempes, maka dapat segera di atasi dengan langsung. Dialamatkan juga dengan membawa perlengkapan reparasi berhubungan dengan reparasi perahu bilamana dalam pengarungan perahu mengalami kebocoran, robek dampak terkena batu-batu yang ada disungai atau disebabkan oleh terlepasnya lem imbas usia pengaplikasian perahu atau hal yang lain.

TALIarung jeram pangalengan bandung jawa barat
Perahu karet dilengkapi tali macam karmantle sepanjang 40 meter yang diaplikasikan sebagai: tumpuan kaki, pengaman awak perahu dan berfungsi juga sebagai tali jangkar.

PETA SUNGAI
Umumnya peta yang diterapkan yakni peta topografi sungai. Peta topografi sungai ini berkhasiat sebagai pertanda memperkirakan kondisi medan dan kondisi sungai yang akan diarungi. juga daerah aliran sekitar sungai tersebut.

EMBER PLASTIK ATAU GAYUNG
Digunakan untuk menimba air yang masuk ke dalam komponen dalam perahu, lazimnya penggunaan ember/ gayung ini diaplikasikan apabila air yang masuk masih relatif sedikit. Apabila telah terlalu banyak, untuk membuangnya lebih efisien dengan membalikkan perahu, yang tentunya terutamanya dulu perahu hal yang demikian dibawa ke tepi. Pentingnya buang air yang masuk ke dalam perahu ini ialah agar perahu gampang dipegang.

PERLENGKAPAN PPPK.
Perlengkpan pertolongan pertama yang umum disebut dengan P3K, totaliter patut senantiasa dibawa. Variasi dan jumlah obatnya dapat disesuaikan dengan keadaan medan dan kebutuhan selam mengarungi sungai.

PELAMPUNG
arung jeram pangalengan bandung jawa baratJenis pelampung yang baik dan benar untuk arung jeram merupakan pelampung yang pantas dengan ukuran perawakan tubuh, berisi gabus teba (bisa berfungsi sebagai barier benturan kepada benda keras). Kelayakan bisa dilihat dari kualifikasi teruji dalam hal tenaga apung untuk berat maksimalnya. Untuk kemungkinan menghadapi situasi darurat, perlu dipertimbangkan mengenai penggunaan pelampung dengan tambahan di bagian belakang kepala, supaya kepala konsisten terapung tengadah sekiranya ketika tak sadarkan diri/. Untuk menjaga supaya pelampung bisa diikat ke pangkal paha atau bagian badan lainnya yang memungkinkan.

SEPATU
Untuk melindungi kaki dari kemungkinan terluka, pakai variasi sepatu yang dapat melindungi mata kakim tapi pergelangan kaki tetap bisa bergerak bebas, termasuk mempermudah untuk berenang.

HELM (PELINDUNG KEPALA)
arung jeram pangalengan bandung jawa baratMengurungi sungai berjeram dengan letak bebatuan yang tidak beraturan atau sungai dengan derajat kesulitan yang tinggi, helm totaliter diaplikasikan. Tujuannya untuk melindungi kepala dari kemungkinan benturan keras terhadap benda lain. Helm yang baik mempunyai sifat ringan, tahan air dan tidak mengganggu pandangan maupun gerakan.

SURVIVAL KIT
Kelengkapan survival, patut selalu menempel di badan, melainkan usahakan jangan sampai menganggu gerakan kit. Lazimnya terdiri dari pisau lipat, korek api tahan air, dsb. Sebagaiman disebut di atas, lamanya waktu pengarungan sungai juga mempengaruhi barang-barang dan peralatan yang harud dibawa. Jadi peralatan tambahan juga dibutuhkan. Beberapa perlengkapan tambahan tersebut adalah: Handy talky untuk komunikasi dengan tim darat. Container kedap air, bahan makanan perlengkapan tenda, peraltan masak, makanm minum.

SUNGAI
Bahasan akan berkisar pada aliran sungai serta gejalanya dan berbagai keterampilan yang diperlukan untuk pengarung jeram. Memerlukan latihan yang acap kali dan berulang-ulang untuk menjadi terampil membaca dan mengerti seluk beluk mengenai karakter sungai yang akan kita taklukan. Bagaimanapun juga bagi pengarung jeram suatu pengertian mengenai sifat dan dinamika sungai sangatlah penting untuk diketahui. Suatu ketika dikala kita melintasi suatu sungai, pertanyaan yang ada di benak kita ialah: sungai itu lebar/sempit, berarus deras/lambat, debit airnya besar/kecil, landai/curam, dan sebagainya. Jawaban kesemuanya ialah yakni elemen penyebab terjadinya jeram.

DEFINISI JERAM/RIAM
Jeram yakni komponen sungai dimana air mengalir dengan deras dan kencang dan bertaburan diantara banyak batu dari bergagai ukuran dan sekalian membentuk turbulensi dan arus balik. Namun yang paling sulit dikala kita mengarungi sungai ialah pada ketika menjumpai jeram / riam. Memperlihatkan disitulah kegembiraan biasanya muncul.

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA JERAM
Situasi lazim ada 4 unsur penyebabnya:

VOLUME AIR
Biasanya ukuran jumlah air yang via satu titik tertentu disungai dalam satuan waktu tertentu. Ukurannya cfs (cubiq feets per second). Data mengenai volume air penting untuk diketahui, bilamana volume air tinggi atau rendah, sehingga dapat memastikan apakah sungai dapat diarungi atau tidak. terbaik mengarungi sungai ketika vlume air menempuh 800-10.000 cfs.

Lazimnya ukuran volume air bisa dianggap sebagai tinggi air dan tenaga aliran sungai. Di negara kita, kondisi ini bisa terjadi pada bulan April hingga dengan Nopember. Diluar bulan tersebut sifat sungai akan kencang berubah secara drastis. Sungai dengan volume 8.000. – 10.000 cfs cenderung mudah dilewati, karena kendali melewati jeram dan rintangan relatif lebih mudah diatur.

Sebaliknya sungai besar degnan volume diatas 40.000 cfs biasanya sulit di lalui dan dihindari, sekali terjebak dalam lengkungan ombak dan menubruk rintangan batu, cenderung berimbas menghancurkan. Untuk mengenal jumlah volume / debit air suatu sungai pada suatu daerah dapat dievaluasi dengan; mengetahui luas penampang sungai. Tapi ini dapat dilakukan dengan mengukur lebar sungai pada satu titik, kemudian menilai kedalaman sungai tiap 5 meter dari satu titik ke spot lainnya pada satu garis lebar sungai.

Hubungi kami segera untuk medapatkan paket liburan menyenangkan untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *