Outbound Murah – Outbound Bandung

Paket Wisata Arung Jeram ( Rafting ) Pangalengan Bandung Jawa Barat
Paket Liburan Arung Jeram Pangalengan bandung Jawa Barat dari New Sure Adventure yakni salah satu paket tamasya favorit yang dimiliki New Sure Adventure miliki, Mengingat semakin marak nya para pecinta dan penikmat aktivitas olah raga yang memicu andrenalin ini dari beragam tipe kalangan masyarakat khusus nya para pecinta alam membuat kami terdorong untuk menyediakan jasa pelayanan liburan Arung Jeram untuk lebih aman dan nyaman dengan persiapan dan perlengkapan demi menjaga keselamatan selama kegiatan Liburan Arung Jeram ini berlangsung.

Kelengkapan dan Kelengkapan Standar Arung Jeram New Sure Adventure.

Peralatan dan peralatan yang dipakai dalam arung jeram dibedakan menurut keperluan kelompok atau tim dan lamanya durasi selama melaksanakan aktivitas Arung Jram ini.

PERALATAN REGU
PERAHU KARET
arung jeram pangalengan bandung jawa barat

Perahu karet (Inflatable Raft) untuk kebutuhan olah raga arung jeram, dibuat dari bahan karet sintetis sedemikian rupa, sehingga kuat melainkan konsisten elastis. Tetapi ini dialamatkan untuk menahan dari goresan dan benturan batu-batu yang berada di sepanjang aliran sungai. Bentuk dan rancangan komponen buritan dan haluan diciptakan agak mencuat agar air tak gampang masuk dan cakap menjaga kestabilan perahu ketika lewat ombak besar. Biasanya perahu terdiri dari beberapa komponen tabung udara, hal ini dimaksudkan kalau salah satu tabung perahu bocor/pecah, karenanya untuk suatu dikala tertentu perahu masih bisa konsisten mengapung. Ukuran panjang dan lebar perahu karet biasanya 2 berbanding 1, dan ini sangat tergantung pada kapasitas berat maksimum bobot perahu tersebut. Selain itu juga perahu menyesuaikan dengan luas penampang sungai yang akan diterapkan pengarungan, beserta karakter arus sungainya.

DAYUNG
new-sure-adventure1

Dayung sebagai alat kayuh pada olah raga arung jeram sedapat mungkin diciptakan dari bahan yang kuat melainkan ringan; misalnya kayu mahogany dan kombinasi antar fiberglass dan aluminium. Dayung yang dipergunakan oleh awak perahu, panjanganya berkisar antara 4,5 – 6 kaki. Namun lazimnya ialah 5-5,5 kaki. Sebenarnya unsur penentu ukuran panjang dayung ada tiga hal, yaitu: besar badan dan energi awak, diameter tabung perahu, dan fungsinya sebagai pendayung awak atau pendayung kemudi atau kapten. Tanpa melihat besar tubuh awak perahu dan ukuran perahu, dayung yang diaplikasikan oleh kapten ialah 5,5 – 6 kaki, walaupun untuk awak perahu ukurannya lebih pendek. Kecuali standard ukuran dayung, teknik mendayung juga mempengaruhi dalam pengontrolan perahu.

POMPA DAN PERALATAN REPARASI
arung jeram pangalengan bandung jawa baratPompa yang diterapkan untuk mengisi tabung-tabung udara perahu seharusnya senantiasa dibawa pada ketika pengarungan sungai. Sebab hal itu untuk menjaga jika udara dalam tabung-tabung perahu berkurang / kempes, maka dapat segera di atasi dengan langsung. Dimaksudkan juga dengan membawa kelengkapan reparasi terkait dengan reparasi perahu bilamana dalam pengarungan perahu mengalami kebocoran, robek imbas terkena batu-batu yang ada disungai atau disebabkan oleh terlepasnya lem dampak umur penerapan perahu atau hal yang lain.

TALIarung jeram pangalengan bandung jawa barat
Perahu karet dilengkapi tali tipe karmantle sepanjang 40 meter yang diterapkan sebagai: tumpuan kaki, pengaman awak perahu dan berfungsi juga sebagai tali jangkar.

PETA SUNGAI
Umumnya peta yang dipakai yakni peta topografi sungai. Peta topografi sungai ini bermanfaat sebagai pedoman memperkirakan keadaan medan dan kondisi sungai yang akan diarungi. juga tempat aliran sekitar sungai tersebut.

EMBER PLASTIK ATAU GAYUNG
Dipakai untuk menimba air yang masuk ke dalam komponen dalam perahu, biasanya pengaplikasian ember/ gayung ini digunakan jika air yang masuk masih relatif sedikit. Bila sudah terlalu banyak, untuk membuangnya lebih efisien dengan membalikkan perahu, yang tentunya terpenting dulu perahu tersebut dibawa ke tepi. Pentingnya buang air yang masuk ke dalam perahu ini merupakan supaya perahu mudah dibatasi.

PERLENGKAPAN PPPK.
Perlengkpan pertolongan pertama yang awam disebut dengan P3K, totaliter seharusnya senantiasa dibawa. Ragam dan jumlah obatnya dapat disesuaikan dengan situasi medan dan kebutuhan selam mengarungi sungai.

PELAMPUNG
arung jeram pangalengan bandung jawa baratJenis pelampung yang baik dan benar untuk arung jeram ialah pelampung yang cocok dengan ukuran perawakan tubuh, berisi gabus teba (dapat berfungsi sebagai penahan benturan kepada benda keras). Kepantasan bisa dilihat dari kualifikasi teruji dalam hal kekuatan apung untuk berat maksimalnya. Untuk kemungkinan menghadapi situasi darurat, perlu dipertimbangkan mengenai penerapan pelampung dengan tambahan di bagian belakang kepala, supaya kepala tetap terapung tengadah jika saat tak sadarkan diri/. Untuk menjaga supaya pelampung bisa diikat ke pangkal paha atau komponen badan lainnya yang memungkinkan.

SEPATU
Untuk melindungi kaki dari kemungkinan terluka, gunakan ragam sepatu yang bisa melindungi mata kakim tapi pergelangan kaki tetap bisa bergerak bebas, termasuk mempermudah untuk berenang.

HELM (PELINDUNG KEPALA)
arung jeram pangalengan bandung jawa baratMengurungi sungai berjeram dengan letak bebatuan yang tidak beraturan atau sungai dengan derajat kesulitan yang tinggi, helm mutlak diterapkan. Tujuannya untuk melindungi kepala dari kemungkinan benturan keras kepada benda lain. Helm yang baik mempunyai sifat ringan, tahan air dan tak mengganggu pandangan maupun gerakan.

SURVIVAL KIT
Peralatan survival, patut senantiasa melekat di badan, namun usahakan jangan sampai menganggu gerakan kit. Umumnya terdiri dari pisau lipat, korek api bendung air, dsb. Sebagaiman disebut di atas, lamanya waktu pengarungan sungai juga mempengaruhi barang-barang dan peralatan yang harud dibawa. Jadi kelengkapan tambahan juga diperlukan. Sebagian perlengkapan tambahan tersebut adalah: Handy talky untuk komunikasi dengan tim darat. Container kedap air, bahan makanan peralatan kemah, peraltan masak, makanm minum.

SUNGAI
Bahasan akan berkisar pada aliran sungai serta gejalanya dan bermacam-macam keterampilan yang dibutuhkan untuk pengarung jeram. Memerlukan latihan yang kerap dan berulang-ulang untuk menjadi piawai membaca dan paham seluk beluk mengenai karakter sungai yang akan kita taklukan. Bagaimanapun juga bagi pengarung jeram suatu pengertian mengenai sifat dan dinamika sungai sangatlah penting untuk dikenal. Suatu dikala saat kita melintasi suatu sungai, pertanyaan yang ada di benak kita merupakan: sungai itu lebar/sempit, berarus deras/lambat, debit airnya besar/kecil, landai/curam, dan sebagainya. Jawaban kesemuanya yaitu ialah faktor penyebab terjadinya jeram.

DEFINISI JERAM/RIAM
Jeram yaitu komponen sungai dimana air mengalir dengan deras dan kencang dan bertaburan diantara banyak batu dari bergagai ukuran dan sekaligus menyusun turbulensi dan arus balik. Tetapi yang paling susah saat kita mengarungi sungai merupakan pada ketika menjumpai jeram / riam. Menonjolkan disitulah kegembiraan umumnya timbul.

FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA JERAM
Keadaan umum ada 4 unsur penyebabnya:

VOLUME AIR
Umumnya ukuran jumlah air yang melewati satu titik tertentu disungai dalam satuan waktu tertentu. Ukurannya cfs (cubiq feets per second). Data mengenai volume air penting untuk dikenal, bilamana volume air tinggi atau rendah, sehingga bisa mempertimbangkan apakah sungai dapat diarungi atau tak. terbaik mengarungi sungai dikala vlume air menempuh 800-10.000 cfs.

Umumnya ukuran volume air bisa dianggap sebagai tinggi air dan daya aliran sungai. Di negara kita, situasi ini dapat terjadi pada bulan April hingga dengan Nopember. Diluar bulan tersebut sifat sungai akan kencang berubah secara drastis. Sungai dengan volume 8.000. – 10.000 cfs cenderung mudah dilewati, karena kendali via jeram dan rintangan relatif lebih mudah dikendalikan.

Sebaliknya sungai besar degnan volume diatas 40.000 cfs lazimnya sulit di lalui dan dihindari, sekali terjebak dalam lengkungan ombak dan menabrak rintangan batu, cenderung berakibat menghancurkan. Untuk mengetahui jumlah volume / debit air suatu sungai pada suatu tempat bisa dievaluasi dengan; mengetahui luas penampang sungai. Namun ini bisa dilaksanakan dengan mengukur lebar sungai pada satu spot, kemudian mengukur kedalaman sungai tiap-tiap 5 meter dari satu spot ke spot lainnya pada satu garis lebar sungai.

Hubungi kami seketika untuk medapatkan paket tamasya menyenangkan untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *